Perusahaan tentu sangat membutuhkan
customer. Oleh sebab itu berbagai upaya akan dilakukan oleh
perusahaan untuk mempertahankan hubungan dengan para customernya.
Upaya untuk memelihara hubungan dengan customernya ini disebut juga
dengan CRM (Customer Relationship Management).
Nah, berbicara tentang CRM, saya mau
berbagi pengalaman tentang CRM yang pernah saya alami di sebuah rumah
makan.
Beberapa waktu yang lalu saya bersama
beberapa teman saya pergi ke sebuah rumah makan di kota saya. Makanan
di rumah makan tersebut harganya pas untuk kantong anak kuliahan dan
porsinya pun lumayan besar. Nah, saat membayar di kasir, kami disuruh
mengambil sejumlah stiker di toples (ya seperti ngambil undian gitu
deh caranya). Awalnya kami bingung, makan gini aja kok pake undian
segala.
Eh, ternyata itu merupakan program rumah makan tersebut
(padahal prosedurnya sudah terpampang gedhe di poster, kami aja yang
tidak memperhatikan). Jadi, setiap pembelian Rp 10.000 kami berhak
mengambil satu stiker, stiker itu ditempel di sebuah kertas yang udah
disediakan oleh rumah makan untuk pelanggan. Nantinya, jika stiker
yang dikumpulkan sudah tersusun menjadi nama rumah makan tersebut
maka pelanggan bisa menukarkannya dengan makanan seharga Rp 50.000.
Namun, tentu saja tidak mudah mengumpulkan stiker huruf penyusun nama
rumah makan tersebut. Jadi, kami sering-sering deh makan di sana
karena ingin segera melengkapi koleksi stiker kami supaya bisa segera
dapat makan gratis. Hehhehe....
Menarik pelanggan dan mengajak
pelanggan untuk terus membeli di rumah makannya. Mengumpulkan sticker
kemudian ditukar dengan makanan. Makan lagi, kumpulkan sticker, makan
lagi.... Salah satu bentuk CRM tradisional yang coba diterapkan oelh
sebuah rumah makan. Menambah keuntungan, mempertahankan pelanggannya
dan mencoba memberi nilai lebih bagi pelanggannya untuk dapat
bersaing dengan perusahaan lainnya. Ya, kira-kira seperti itulah
tujuan perusahaan melaksanakan CRM. Lalu apa yang akan didapat konsumen? Tentu saja kepuasan...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar