Sabtu, 02 April 2011

Browsing Jadi Lebih Nyaman dan Cepat

Memiliki handphone yang mendukung kegiatan kita untuk berselancar di dunia maya, rasanya merupakan hal yang lumrah. Rasanya justru aneh bila ada yang punya handphone yang belum bisa digunakan untuk berinternet. Bahkan saat ini, kita sudah bisa mendapatkan handphone dengan harga yang murah dan sudah dilengkapi dengan kemampuan ini. Selain itu, semua provider juga berlomba menawarkan harga yang murah untuk berinternet demi menarik pelanggan.


Berbicara tentang browsing lewat handphone, maka hal ini tidak lepas dari peran web mobile, software yang dibutuhkan untuk melakukan browsing internet. Browser Opera Mobile merupakan web mobile paling populer, pilihan bagi lebih dari 100 juta orang di seluruh dunia.


Minggu lalu, saya membaca majalah komputer yang dibeli kakak saya dan kebetulan membahas tentang Opera Mini dan Opera Mobile 11 terbaru. Ternyata tanggal 22 Maret kemarin, baru saja diluncurkan. Majalah tersebut membahas beberapa fitur baru yang terdapat pada Opera Mini 6 dan Opera Mobile 11. Berikut ini beberapa fitur terbarunya:

  • Navigasi yang lebih halus: penyempurnaan gulir, geser dan perbesar halaman jadi lebih mudah sejak Opera Mini 5.
  • Cubit untuk perbesar: termasuk ‘pinch to zoom’ di perangkat layar sentuh.
  • Sharing : Berbagi jadi lebih mudah dengan adanya fitur tombol berbagi di Twitter, Facebook, atau My Opera.
  • Telah optimal untuk tablet: Tampilan baru Opera untuk tablet membawa penjelajahan web lebih menakjubkan.


Browser Opera Mini ini akan menggunakan server Opera untuk mengompres halaman web menjadi sepersepuluh dari ukuran aslinya sebelum kemudian dikembalikan ke hp. Data yang ditransfer menjadi lebih kecil, sehingga akan dimuat lebih cepat dan tentunya akan menghemat biaya.


Browser Opera Mini 6 ini tersedia untuk J2ME, Android, Blackberry dan Symbian. Sedangkan Browser Opera Mobile 11 tersedia untuk Android, Symbian, Windows 7 desktop (rilis lab), platform Maemo (rilis lab) dan platform MeeGo (rilis lab).

Sepertinya Web Mobile ini akan memberikan kenyamanan yang lebih, dalam berselancar di dunia maya via handphone. Apalagi dengan kemampuannya yang juga dapat menghemat biaya. Benar- benar membuat ‘nyaman’.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar